MODEL PEMBELAJARAN PAUD
Model
pembelajaran adalah suatu desain atau rancangan yang menggambarkan proses
rincian dan penciptaan situasi lingkungan yang memungkinkan anak berinteraksi
dalam pembelajaran, sehingga terjadi perubahan atau perkembangan pada diri
anak. Adapun komponen model pembelajaran meliputi; konsep, tujuan pembelajaran,
materi/tema, langkah-langkah/prosedur, metode, alat/sumber belajar, dan teknik
evaluasi.
Sementara
metode pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang digunakan untuk
mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan
praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran. Terdapat beberapa metode
pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan strategi pembelajaran,
diantaranya: (1) ceramah; (2) demonstrasi; (3) diskusi; (4) simulasi; (5)
laboratorium; (6) pengalaman lapangan; dan sebagainya.
Dari metode,
teknik pembelajaran diturunkan secara aplikatif, nyata, dan praktis di kelas
saat pembelajaran berlangsung. Teknik adalah cara kongkret yang dipakai saat proses pembelajaran
berlangsung. Guru dapat berganti-ganti teknik meskipun dalam koridor metode
yang sama. Satu metode dapat diaplikasikan melalui berbagai teknik
pembelajaran. Bungkus dari penerapan pendekatan, metode, dan teknik
pembelajaran tersebut dinamakan model pembelajaran.
Penyusunan
model pembelajaran di PAUD baik , PAUD Formal maupun Nonformal didasarkan pada
silabus yang dikembangkan menjadi perencanaan semester, rencana kegiatan
mingguan (RKM), dan rencana kegiatan harian (RKH). Dengan demikian, model
pembelajaran merupakan gambaran konkret yang dilakukan pendidik dan peserta
didik sesuai dengan kegiatan harian.
Ada beberapa
model pembelajaran yang biasa diterapkan di PAUD, diantaranya adalah:
1. Model pembelajaran klasikal.
- Model pembelajaran kegiatan kelompok dengan
kegiatan pengaman.
- Model pembelajaran berdasarkan sudut-sudut
kegiatan.
- Model pembelajaran area (minat).
- Model pembelajaran berdasarkan sentra.
Model-model
pembalajaran tersebut pada umumnya menggunakan langkah-langkah pembelajaran
yang sama dalam sehari, yaitu: kegiatan awal/pendahuluan, kegiatan inti,
istirahat/makan, kegiatan akhir atau penutup.
Kegiatan awal/pendahuluan adalah kegiatan awal dalam pembelajaran yang ditujukan untuk memfokuskan
perhatian, membangkitkan motivasi sehingga peserta didik siap untuk mengikuti
kegiatan pembelajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar